Senin, 04 Agustus 2014

Catatan Bulanan... What's up in July????

Juli sudah lewat. Puasa sudah lama berakhir, Lebaran baru saja lewat... orang-orang yang pulang kampung pun kembali bekerja. anak-anak sekolah yang gelindingan diatas kasur selama 1 bulan pun kembali sekolah, dan malangnya yang naik tingkat sekolah harus mengalami Masa Orientasi Siswa...

beda dengan Kpopers khusus nya SMlovers (yang aku utamakan sekarang). tidak ada hari libur untuk Kpop. semuanya terus bergulir layaknya air sungai yang mengalir.

SMLovers itu.... gimana yah? seperti tiada hari tanpa hoax bertebaran deh. dikit-dikit hoax, dikit-dikit skandal, dikit-dikit konfirmasi yang bikin jantung copot dari tempat... hm. derita yang sungguh mengerikan/?

oke, saatnya menjelaskan apa itu SMent, dari yang sudah aku amati sejauh ini...

SMEnt itu berisikan artis-artis yang famous (YGent dan yang lain gak kalah famous kok, tapi sayang... aku sedang membahas SMent v:)... semua orang sudah tau.


*ini akan jadi catatan pertama terpanjang yang pernah aku buat... mungkin?*





mulai dari BoA, artis Kpop pertama yang sukses besar di Jepang, kemudian artis Kpop pertama yang datang ke Indonesia tahun 2004. penyanyi cewek yang debut dengan usia paling muda, yaitu 13 tahun, tahun 2000 silam. Senior SMEnt yang paling dihormati hoobaenya saat ini. cewek dengan nama fans 'Jumping BoA' dan di beranda Facebook aku hanya ada 1 Jumping BoA. itupun dia multifandom SonElf. dan cewek yang membuat para Whirlwinds pada potek. 

BoA termasuk penyanyi solo favorit aku *meskipun yang nomor 1 adalah IU hoho*. suaranya keren, dancenya bagus, badannya sekseh tapi gak montok, elegan gimanaa gitu... dan dia juga penggemar Michael Jackson. 

awalnya dia dulu cuma nemanin kakaknya yang ikut audisi SMent. ternyata dia yang kepilih, padahal gak ngapa-ngapain. dan akhirnya sekarang BoA menjadi penyanyi cewek solo yang famous banget di KorSel+Jepang.



.

kemudian ada Dong Bang Shin Ki (DBSK) atau yang sering dipanggil TVXQ. Boyband favorit aku yang kedua. Boyband Kpop yang sekarang paliiiiiiing famous di Jepang. karena memang sejak debut, promosi mereka di Jepang terus.

debut tahun 2003 dengan lagu Hug, dimana Changmin masih muka-muka polos dan Jaejoong cantik sekali. apalagi waktu itu Yoochun ganteng banget, meski... rambut mereka masih ala harajuku yang benar-benar bukan style jaman sekarang banget.

menjadi Boyband yang terkenal akan Talenta yang banyak dan juga keluhuran nya. punya member 5 orang tapi pecah jadi 2 (Yunho-Changmin) dan 3 (JYJ). JYJ yang dulu menuntut SMent pun sekarang dilarang berkomunikasi dengan artis SMent. dimana ada JYJ, SM harus menjauhkan artisnya dari sana. 

lagu mereka itu keren-keren, apalagi Mirotic dan Humanoid. dancenya bagus, suaranya apalagi. semuanya punya ABS mentok yang biutipul. dan... Yunho juga adalah seorang penggemar Michael Jackson.

punya nama fans Cassiopeia/Big East, dan warna fandomnya adalah merah. yang masuk kedalam lirik lagu Mirotic, yaitu 'Red Ocean' yang bodohnya dianggap ambigu oleh Netizen. ngakak saja.

kini, DBSK sangat terkenal. bahkan disata mereka terpecah 2, mereka tetap saja terkenal. itulah kekuatan DB5K+Cassiopeia. saling membantu satu-sama lain.



.

selanjutnya ada Girlgroup pasangan DBSK yang kurang famous dan bahkan aku yakin, 80% SMlovers tidak tau mereka, dan mungkin hanya pernah mendengar nama saja. mereka adalah Cheon Sang Ji Hee (CSJH) - The Grace. nama CSJH sendiri diambil dari nama asli para membernya.

mereka terdiri dari Lina, Dana, Sunday, dan Stephanie. mungkin yang pernah menonton 'One More Chance' nya Dana Sunday pasti tau mereka. ingat, Sunday yang pendek dan Dana yang tinggi.

debut tahun 2005 dan meraih kesuksesan tahun 2007. setelah jaman Gee-SNSD, CSJH meredup kemudian entah sekarang sebenarnya jadi apa. Lina sibuk Drama Musikal, Dana Sunday sibuk Subgroup, Stephanie sibuk Solo karir. CSJH masih belum punya status jelas. apakah bubar atau tetap. 

Lina adalah leader abu-abu (karena CSJH tidak mempunyai leader. dan Lina kusebut leader abu-abu karena dia paling tua disana). sekarang dia mau nikah. dan bahkan dia mau nikah pun dia masih belum keluar dari CSJH. mungkin dia punya kontrak special seperti Siwon yang bisa tetap di group meski sudah nikah.

Stephanie adalah magnae dengan kemampuan dance luar binasa. badannya lentur bagai karet dan tubuhnya seksi, mampu membuat Eunhyuk ileran.

CSJH mempunyai nama fans Shapley dan warna fandom Pink. (Pearl Pink, kalau SNSD Pastel rose Pink). di beranda facebook aku, ada 5 Shapley. dan mereka semua Shapley merangkap ELF.

hah... nasib CSJH memang sulit. mereka sama seperti S.E.S., cuma pernah sekali konser. anggapannya sih, the first and the last concert.

kiri ke kanan : Sunday, Lina, Dana, Stephanie


.

Zhang Li Yin, J-Min, dan TRAX. kurang famous... tapi aku suka lagu-lagu mereka. aku juga tidak terlalu mengikuti mereka. yang aku tau, Li Yin pernah bikin MV timeless bareng Junsu DBSK dan sekarang mau comeback 'Agape', J-Min nyanyi OST untuk K-drama Minho-Sulli To The Beautiful You (judulnya Stand up) , terus TRAX nyanyi lagu Blind yang bintang MV nya si KyuToria. maaf tapi aku gak tau banyak tentang mereka.

Zhang Li Yin

J-Min

TRAX Jay and Jungmo

.

Super Junior.... Boyband favorit aku sepanjang masa dan sejarah. tidak akan tergantikan oleh siapapun dan oleh apapun. berisikan 13+2 laki-laki multitalend dengan sejuta pesona dan 1001 keanehan.... yang terakhir itu true story banget.

Super Junior berisikan Leeteuk, Heechul, Hangeng, Kangin, Yesung, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Zhoumi, Ryeowook, Kibum, Kyuhyun, dan Henry. <-- mengurutkan dari yang tua sampai muda.

member Super Junior itu..... entah. susah banget dijelasin. gak on air, off air, sama absurdnya. dimana-mana bawaannya senyum, ketawa, ngelawak.... absurd deh.

kenapa bisa? itu karena......... *jeng jeng jeng*

saat awal mereka debut itu susah banget dan banget dan banget. beberapa dari mereka sebenarnya akan debut bersama DBSK, namun tidak terpilih. dan jadilah Super Junior05 debut tahun 2005, dengan julukan 'Boyband berisikan Trainee terbuang'.

mereka ikut show ini itu *disaat masih 12 orang*. bahkan saat aku nonton Super Junior Show episode 1 (2005), Heechul mengaku tidak tidur 4 hari untuk mengikuti show yang padaaaaat sekali. dan itu demi Super Junior.

tahun 2006 pun datang. Super Junior05 yang mengikuti sistem ganti member (setiap tahun, yang tertua keluar kemudian akan ada member baru, supaya fresh gitu loh) hampir berubah menjadi Super Junior06. Leeteuk terancam keluar.

tapi Kyuhyun datang membawa berkah buat ELF tapi bencana buat SuJu. Super Junior jadi boyband tetap tapi semua member SuJu--bahkan Leeteuk menolak. dia pun mengalami masa sulit selama 8 bulan debut. Shindong pernah bilang "aku pikir Kyunnie tidak perlu mengikuti wajib militer. karena 8 bulan setelah dia debut, dia mengalami hal yang mengerikan". bayangkan betapa susahnya Ultimate bias aku dulu.

2007 dan 2008 datang. Kyu kecelakaan, laki-laki misterius di MV don't don, SJ-M dan SJ-T terbentuk dan membuat spekulasi bahwa SuJu akan terbelah dua. 

2009... tahun yang indah. tahun dimana SuJu mengeluarkan MV terakhir mereka ber 13. yang kemudian disusul keluarnya Hangeng, vakumnya Kibum, dan Wamil Kangin.

itulah kenapa mereka selalu tertawa. karena mereka akan selalu mensyukuri segala yang diberikan, baik kecil maupun besar.

hingga sekarang... Super Junior dikenal banyak orang. pikiran pertama Nonkpop tentang korea adalah Super Junior. mereka terkenal diseluruh penjuru dunia. dengan fans bernama ELF bertaburan seperti bintang dilangit dengan warna sapphire blue sebagai langitnya. 



.

Girls' Generation alias SNSD. girlgroup yang mengantarkan ku menjadi Kpopers akut *setelah 2PM tentunya/karena dulu aku fans 2PM* debut tahun 2007 dengan lagu Into the New World dan mendebutkan 9 wanita setelah mengalami 5 kali gonta-ganti member (before debuted). 

tahun 2008 adalah tahun paling nyelekit/? buat SNSD. mereka terkena black ocean... enggak sih menurutku. soalnya SONE ngumpul ditengah terus bikin Pink ocean yang kecil. dan pelaku black ocean itu, sangat kusayangkan sekali adalah ELF dan Cassiopeia :( (kalau Cassiopeia mungkin karena iklan Haptic)

hingga 2009, dimana Gee keluar, dunia gempar! lagunya keren, easy hearing, dancenya mudah, konsepnya keren, dan ada Minho SHINee disana... Gee menjadi lagu Kpop pertama yang mendapat viewers youtube terbanyak hingga PSY datang dan mendepak mereka jauh-jauh... entahlah. 2 miliar itu penonton yang banyak.

mempunyai nama fans SONE/SNSD one/ Sowon : harapan, dan warna fandom Pastel rose Pink. mempunyai fans jibun yang bertebaran diseluruh dunia. 3 kali mengadakan konser khusus di Jepang, 1 kali tour Asia dan 2 kali World Tour. yeah meski kenyataannya mereka tour di negara Asia aja sih.

terdiri dari Taeyeon, Sunny, Jessica, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, YoonA, dan   Seohyun. menjadi girlband paling sukses dan famous di Asia. penghasil uang terbanyak SMent. 4 dari 9 membernya masuk kedalam 100 wanita tercantik didunia. daebak!


.

kemudian, SHINee. group SMent yang paling jarang aku perhatikan, padahal disekolah aku ada 3 Shawol yang semuanya ngebiasin Key, yang suka banget ngasih tau ini itu tentang SHINee ke aku, karena mereka bestie aku. entah lah, aku nggak dengarin kata mereka. aku fokus makan aja terus di kantin.

debut dengan 5 member, yaitu Onew si leader ayam sekaligus bias aku, Key si fashionista, Jonghyun the King of voices, Minho si visual yang mempunyai tingkat ke pede an 100x lipat nya Siwon dan juga selalu bersemangat, dan Taemin si magnae yang kemampuan dancenya tidak bisa diragukan.

punya nama fans Shawol/SHINee World, sama seperti nama konser mereka, dan fandom nya Pearl Aqua (inipun aku tau setelah searching google. dan ketikan 'warna fandom SHINee' ada di kotak pencarian paling atas. daebak lah. betapa banyak yang gak tau)

fansnya kalem banget. saking kalemnya, aku bahkan tidak mengira bahwa aku punya 200 teman fb yang shawol padahal yang sering muncul palingan 1-2.... 'tau dari mana?' waktu itu lagi event 6 tahun SHINee. pas aku lihat salah satu status Shawol, yang ngomentnya hampir 200, dan ternyata 200 shawol itu teman facebook aku semua -_-

mereka kalem. tapi mereka seperti jelly/ga maksudnya seperti Sohee Wonder Girls. diam-diam menghanyutkan.



.

f(x). The Hidden Flowers. girlband yang selalu dianaktirikan oleh SMent. debut tahun 2009 dengan lagu Lachata. belum punya nama fandom resmi dan warna fandom resmi. 

f(x) ini benar-benar mendeskribsikan dengan benar bagaimana diam-diam menghanyutkan itu. entah bagaimana bisa mereka meraih posisi 1 mengalahkan SNSD di MAMA 2013 yang bikin SMlovers dan Kpopers gempar. oh ya, waktu itu memang lagi ada gempa bumi. entah dimana. yang pasti bukan di kalimantan.


meskipun SNSD tetap bisa mengalahkan F(x), tapi ajaib bin aneh. perbedaannya cuma sedikit banget! f(x) pun berhasil meraih posisi runner up. bahkan, f(x)  mempunyai vote 3 juta diatas 2NE1 yang notabenenya adalah musuh bebuyutan sejak jaman Firaun nya SNSD! aneh kan?

yeah. that's my f(x). jadi group bayang-bayang hoobae-sunbaenya. dianggap anak tiri. padahal mereka itu cuma kurang 1, kurang dipromosiin aja sih. padahal mereka itu keren banget sumpah demi bulu ketek Eunhyuk yang dicukur di All About SuJu DVD dan ABS Kyuhyun yang belum terbentuk!

dan ternyata, f(x) itu salah satu girlgroup dengan fans terbanyak dan terpopuler di Asia. hahaha. ia. fandom tanpa nama dengan jumlah anggota sangat besar. lucu gak sih?

karena itu nama mereka f(x), alias 'the function group'. apa sih yang mereka gak bisa? multitalend? ia. hebat nyanyi? ia. dance? keren banget. rapp? Amber jagonya. member yang feminim? tinggal lirik Sulli. yang tomboy? say hello to Amber. akting? hebat banget. baik? banget. hangat dan friendly? Victoria banget. dan... cewek yang kalau dekatin member Boyband malah gak kena bash? Amber, Victoria, dan Luna. merekalah perempuan itu^-^

aku pernah nemu comment begini "aff(x)tion atau apalah itu, protes mulu. yang sabar gitu dong? emangnya SMent mudah gitu ngurus artis sebanyak itu". dan aku langsung nyessshhhhh

meski aku hanya aff(x)tion bayangan /masih labil antara jadi affxtion atau ga/, aku ngerasa sakit hati. mereka tidak tau rasanya gimana idolanya mendapat diskriminasi (seperti yang terjadi pada SuJu waktu awal debut). 

tapi aku salut f(x) bisa bertahan. itu keren banget menurutku. 

'the only girls I ship with SHINee are f(x), and the only boys I ship with f(x) is SHINee'. maksudnya itu, mereka kalau sepanggung sama-sama, bawaannya kalem gak fanwar kaya Super Generation *sok nyindir, padahal potek sendiri*. mereka easy going, friendship dan family nya kerasa.

hidup SHINee-f(x)! hidup Minho-Sulli! (angkat baner tinggi-tinggi)


.

EXO. boyband baru debutan SMent yang masih berusia 2 tahun. sekali debut udah punya 2 subgroup, yaitu EXO-Korea dan EXO-Mandarin.

EXO K terdiri dari Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O, Kai, dan Sehun. sedangkan EXO-M terdiri dari Xiumin, Luhan, Kris, Chen, Lay, dan Tao.

punya nama fans Squid (entahlah), dan warna fandom Perak. Konser baru 1, yaitu EXO The Lost Planet. 

debut dengan promosi gila-gilaan, sampai ada puluhan teaser, punya MV debut yang kerennya astaga naga, dan mempunyai member yang mirip Morgan Smash/ga. Boyband yang dianggap mengusung konsep campuran SNSD+Super Junior, yang ternyata sukses besar di industri Kpop, namun masih kurang famous di KorSel. (mereka lebih terkenal di China)

debut dengan lagu MAMA yang bertemakan 12 orang yang punya kekuatan super (yang petir punya aku), mereka menggemparkan aku yang waktu itu masih fans 2PM.

mempunyai 3 album dan 2 mini album, mereka telah membuat banyak fans idola senior berpindah fandom jadi Squid. salahkan mereka yang ganteng-ganteng (tapi Chen paling ganteng)

terlalu banyak kena masalah. BaekYeon? Kris? haduh. masalah yang bikin Squid down banget. banyak fans Baekhyun pindah fandom /dan rata-rata jadi Army/, lalu fans Kris pun potek karena Sehun dulu pernah menulis 'EXO OTP11'/? di Instagramnya.

tapi,,, aku yakin EXO bisa bertahan dan bisa menjadi seterkenal sunbaenya *cough*

.

Red Velvet. SMentertainment new Girlgroup. yang baru aja debut sudah kontroversial banget. 

Debut tanggal 1 agustus 2014, tepat saat ulang tahun Tiffany, dengan judul lagu Happiness (Haengbok)

membernya terdiri dari :

Irene sebagai Leader. rambutnya warna merah/pink, lahir tahun 1991, usia 23 tahun 


Seulgi sebagai Visual. rambutnya warna kuning, yang mukanya kaya perpaduan Dara 2NE1+Taeyeon SNSD, lahir 10 februari 1994, usia 20 tahun

Wendy sebagai Main Vocal. rambutnya warna Biru, lahir 21 februari 1994, usia 20 tahun. cuma beda 2 hari dari tanggal lahir aku. aku 23 februari hololol

dan Joy sebagai magnae sekaligus Lead rapper. rambutnya warna hijau, lahir september 1996. tidak masuk jajaran SMRookies

dianggap sebagai ancaman f(x). padahal menurut aku setiap orang di SMent punya keunikan masing-masing sehingga membuatnya berbeda. kalau menurut orang mereka adaah ancaman f(x), maka harusnya mereka mempunyai konsep mirip f(x). sekalian aja nama Red Velvet diganti jadi "akar kuadrat".

Seulgi RV dibash SparKyu karena berkata "Aku mendapatkan banyak perhatian dari orang setelah disebut oleh senior Kyuhyun, aku benar-benar merasa terhormat dan berterimakasih.

kenapa? kenapa SparKyu yang ada di beranda facebook bilang dia kecentilan? malah dia benar kok berterimakasih sama Kyuhyun. kenyataannya, setelah skandal Kyuhyun-Seulgi, nama Seulgi jadi melejit tinggi dibandingkan member RV yang lain. dan dia berterimakasih. apa salahnya?

kadang skandal itu ada baik--buruknya. dan Seulgi mengambil sisi positifnya, dan berkata bahwa setelah di mention Kyuhyun di Radio Star, ia merasa terkenal, dan itu kenyataan. coba pikir. siapa member RV yang paling terkenal dikalangan SMlovers, bahkan Kpopers? Seulgi kan? 

aku harap Red Velvet terus berusaha dan debut nya mereka membawa sesuatu yang special untuk SMLovers :)



.
.
.
.
itulah profil sementara artis SMent yang ada di otak ku/? oke.. next?

What's up in July?

  1. Kabar Super Show 6 ingin diadakan muncul
  2. Super Junior-M diundang ke Ultah RCTI
  3. Japan Album SNSD 'The Best' keluar dengan lagu andalan 'Indestructible'
  4. teaser Red Velvet - Happiness keluar
  5. BoA dikabarkan akan memiliki album baru
  6. Henry comeback dengan lagu 'Fantastic'
  7. Taemin SHINee mau debut solo
  8. Single Jepang BoA 'Masayume Chasing' keluar
  9. All About Super Junior 'Treasure Within Us' DVD rilis
  10. Zhang Li Yin mengeluarkan teaser MV 'Agape'
  11. J-Min comeback dengan lagu 'Shine'
  12. Kyuhyun, Baekhyun, Jay, Sunny ikut Drama Musikal 'Singing In The Rain'
  13. Anniversary SNSD ke 7
  14. Update Instagram Kangin yang kontroversial
  15. aku gak dapat THR
  16. 3 kali bolak-balik rumah nenek, terus nonton Running man
2 nomor terakhir silahkan diabaikan.....



sebenarnya ada banyak hoax bertebaran. tapi aku malas ngumbar-ngumbar disini. dan lagipula diawal agustus 2014 ini malah banyak kejutan. seperti Siwon dan Agnezmo yang mentionan di Instagram dan Taeyeon yang buka Instagram lagi.

SMent itu suka banget bikin mewek. lambat konfirm lah, kalau konfirm-konfirm malah berujung kekecewaan fans lah, banyak deh pokoknya. tapi entah kenapa ada banyak SMStan disini. /kenyataannya sih mereka suka artisnya, bukan agensi/

derita banget artis kesukaan ku masuk SMent. suka gak jelas gitu, pelit pula. bikin MV nya gitu-gitu aja. kalau bagus paling karena efek mirror atau tambahan cahaya-cahaya. gak suka buang-buang uang. tidak suka menggunakan ide anak didiknya. eh ide sendiri malah daur ulang. kaya sampah aja

tapi ya begitu. hidup itu ada manis pahitnya. manisnya, idola ku terkenal, banyak uang, dan yeah... World wide lah. pahitnya? ya masalah agensi -_______- *tusuk*


dibalik semua kesulitan itu, kami, SMlovers, berusaha melakukan sesuatu untuk menyenangkan hati kami. contohnya? seperti Group SMtown Salah Gaul yang sukses bikin ketawa. apalagi disana yang dipost itu karya alami buatan SMlovers.

berusaha membuat semuanya menjadi lucu, itulah SMlovers. dengan membuat jutaan salah gaul dan meme unik yang akan membuat tertawa tapi kadang-kadang sedih kalau sudah menyangkut jomblo.

nah. dibawah ini ada banyak foto yang aku ambil langsung dari SMtown salah gaul group, dan juga seorang ELF Bandung yang editannya pernah di reupload Siwon, @CHOCHOGYU










gimana? ketawa gak? semua ini murni buatan SMlovers :D so, jangan anggap remeh SMlovers. karena SMlovers itu kuat, tahan banting/?, hatinya sekuat beton, sabar dan juga... absurd


Salam jamban Sooman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar